Parenting

Pasca Banjir, Apa yang Harus Dilakukan?

Oleh Fiona Aberima   |   

Stay safe, Mams! Setelah banjir surut apa yang sebaiknya harus dilakukan, ya?

Bagi Mama Papa di Jakarta yang usai dilanda banjir, tidak usah panik! Inilah beberapa tips untuk supaya rumah bersih dan aman, terutama untuk Si Kecil.

1. Jangan Segera Menyalakan Listrik

Inilah yang paling penting, Mams! Pastikan dahulu tidak ada kabel atau perangkat listrik yang korslet dan masih basah. Jika listrik dinyalakan dan ternyata ada yang korslet, air akan menghantarkan listrik dan bisa menyetrum. Maka pastikan situasi-kondisi semua aman sebelum menyalakan listrik. Akan lebih baik lagi bila Mama Papa bersedia untuk menghubungi PLN untuk info dahulu.

2. Pembersihan yang Menyeluruh

Bila air sempat masuk ke dalam rumah, cepatlah membersihkan area yang terkena air banjir. Bersihkan dahulu area yang paling sering digunakan oleh Si Kecil. Ingat untuk menggunakan pakaian yang bisa melindungi seperti baju lengan panjang, celana panjang, sarung tangan karet, dan sepatu. Pertama-tama, buanglah benda yang menyerap air dan tidak dapat dibersihkan atau didisinfeksi. Lalu, ingat juga untuk melakukan disinfeksi saat proses pembersihan.

3. Makanan yang Higenis

Banjir biasanya disertai dengan mati lampu, bukan? Maka penting lho, Mams, untuk mengecek apakah isi kulkas dan persediaan makanan yang lain masih aman untuk dikonsumsi. Begitu pula dengan kondisi air. Ingat untuk mengecek apakah ada kontaminasi air. Kalau sampai kondisi makanan atau air kurang oke, hal ini dapat mengakibatkan penyakit. Makanya, alangkah baiknya kalau kita bisa mencegah penyakit dengan lebih berhati-hati.

4. Waspada Gejala Penyakit

Air banjir yang tercampur dengan sampah adalah sarang penyakit. Maka perhatikan apabila Si Kecil menunjukkan gejala-gejala diare, penyakit kulit, tipes, atau penyakit lain yang sering muncul akibat banjir. Untuk mencegah penyakit-penyakit ini, ingatkan Si Kecil untuk tidak bermain di area yang terkena air banjir. Lalu, selalu ingatkan Si Kecil untuk mencuci tangan sebelum makan yah, Mama Papa.

Ini dia beberapa tips untuk menangani sikon setelah banjir dari Kiddo.id untuk Mama Papa. Semoga berguna, ya! Sekali lagi, stay safe Mama Papa!

 

Seberapa suka dengan artikel ini?