Komunitas

“Kisah Para Pahlawan” di Festival Dongeng Internasional Indonesia 2019

Oleh Kiddo.id   |   

Jakarta, 28 Oktober 2019—Festival Dongeng Internasional Indonesia (FDII 2019) diadakan kembali. Festival dongeng terbesar di Indonesia ini diselenggarakan oleh Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, sebuah komunitas sosial yang bergerak dalam kegiatan literasi anak, dengan tema “Kisah Para Pahlawan”. Digelar pada Sabtu dan Minggu, 2 dan 3 November 2019, di Museum Nasional Jakarta Pusat.

Foto: Salah satu pendongeng di FDII 2019

FDII adalah acara yang bertujuan untuk melestarikan tradisi bercerita pada masyarakat Indonesia, terutama pada orang tua untuk anak-anaknya. Acara ini diharapkan menjadi ajang pemantik kreativitas dan imajinasi anak melalui berbagai cerita kepahlawanan; mengajak anak-anak untuk mengenal nilai-nilai kepahlawanan. Nilai yang dapat kita temui di mana saja, dalam kehidupan sehari-hari, terutama nilai-nilai pada orang tua yang selalu menjadi pahlawan bagi anak-anaknya. Pahlawan bukan hanya mereka yang gugur dalam medan perang, tapi juga mereka yang telah membantu kehidupan kita sehari-hari.

Tema kepahlawanan juga diangkat untuk menaikkan semangat nasionalisme pada anak- anak. Dari tema ini, semoga juga bisa meredam isu intoleransi yang saat ini merebak yang dikhawatirkan memapar ke anak-anak juga. Melalui dongeng, mari kita mengingatkan dan menyampaikan yang baik.

Tahun ini, FDII dibuka Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid. Dalam sambutannya, Hilmar Farid menjelaskan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sangat mendukung kegiatan literasi dongeng seperti Festival Dongeng Internasional Indonesia 2019. Hilmar Farid juga berharap akan lebih banyak lagi kegiatan literasi sejenis untuk membuat Indonesia menjadi negara yang kuat.

FDII 2019 diharapkan akan menjadi waktu yang tepat untuk para orang tua bercengkrama dengan keluarga, menghabiskan waktu bersama mendengarkan cerita bersama buah hati tercinta, sambil mengembalikan tradisi mendongeng kepada anak-anak Indonesia. FDII 2019 akan berlangsung sepanjang hari. Anak-anak dapat menemukan berbagai area seru untuk didatangi, mulai dari Pertunjukan Dongeng, Kelas Dongeng, Taman Cerita, Pasar Cerita, sampai Kelas Kriya. Siapapun, dapat menghadiri festival ini untuk menikmati cerita-cerita menakjubkan yang disampaikan bersama pendongeng dalam dan luar negeri.

FDII tahun ini diramaikan lima pendongeng internasional, yaitu Jeff Gere dari US (Hawaii), Deepa Kiran asal India, Ng Kok Keong asal Malaysia, Roger Jenkins dari Singapura, dan Ariyo Zidni asal Indonesia. Keseruan panggung FDII 2019 akan semakin hidup dengan kehadiran para pendongeng nasional yang populer di dunia dongeng, seperti Paman Gery, Rona Mentari, Andy Yudha, dan PM Toh, serta para Penjaga Mimpi relawan Ayo Dongeng Indonesia, tentunya.

 

Seberapa suka dengan artikel ini?