Parenting

4 Langkah Tepat Agar Jam Tidur Bayi Teratur

Oleh Nabila Ramadhanty   |   

Lama tidur bayi tentu akan berubah semakin ia bertambah usia. Akan tetapi meskipun masih bayi, pola tidur Si Kecil bisa kita atur sedini mungkin. Dengan jam tidur bayi yang teratur Mama Papa tidak perlu begadang lagi untuk menidurkan Si Kecil. Apa saja yang harus kita lakukan, ya?

Biarkan bayi tidur tanpa bantuan

Mama Papa bisa melakukan ini sejak usia bayi 1,5 bulan. Saat Si Kecil mulai terlihat mengantuk, tidurkan dia sendirian telentang di kasur. Biarkan ia tertidur dengan sendirinya. Apabila sudah terbiasa, bayi akan bisa tidur tanpa bantuan Mama Papa.

Atur jadwal tidur Si Kecil

Aturan jam tidur sangat penting agar tercipta pola tidur yang teratur. Konsisten akan jam tidur sebaiknya sudah dimulai dari anak masih bayi. Hindari kegiatan yang dilakukan saat jam tidur tersebut. Seperti menyusui, gosok gigi, ataupun main dilakukan sebelum jam tidur dimulai. Apabila sudah terbiasa, anak akan sendirinya mengantuk disaat jam tidur. Usahakan jangan melanggar aturan tersebut ya, Mama Papa.

Buat Si Kecil aktif saat siang hari

Usahakan Si Kecil meluapkan energi mereka saat siang hari. Ajak ia main atau beraktivitas bersama. Atur juga jadwal tidur siangnya, jangan sampai terlalu lama atau sore. Dengan begitu saat malam tiba Si Kecil dengan mudah merasakan kantuk karena lelah beraktivitas.

Atur kondisi rileks menjelang tidur

Saat jam tidur malam tiba, pastikan keadaan yang rileks dan nyaman bagi Si Kecil. Seperti lampu yang redup, baju tidur yang nyaman, alunan suara lullaby atau pastikan kondisi suara kamar tenang. Membedakan posisi tidur malam dan tidur siang juga bisa membantu Si Kecil mengenal kapan mereka harus tidur. Misalnya, pada malah hari lampu dimatikan dan Si Kecil tidur di kasur bersama Mama Papa. Sedangkan pada siang hari lampu dinyalakan dan Si Kecil tidur di box.

Seberapa suka dengan artikel ini?