Parenting

Lima Cara Stimulasi Anak Agar Cepat Berjalan

Oleh Nabila Ramadhanty   |   

Memasuki usia satu tahun biasanya Si Kecil mulai menunjukkan perkembangannya dalam berjalan.Fase ini merupakan fase yang penting dalam perjalanan tumbuh  kembang mereka. Sebab, anak belajar mengkoordinasikan berbagai bagian tubuh dan melatih kekuatan otot. Saat anak mulai berlatih berjalan, rasa khawatir orang tua sering kali timbul. Belum fasih berdiri dan jaga keseimbangan, anak tentu rawan sekali jatuh dan bisa saja terbentur. Ada cara yang bisa dilakukan Mama Papa untuk menstimulasi Si Kecil berjalan tanpa rasa khawatir berlebihan. Yuk, cek tips di bawah ini!

1. Mulai tatih anak

Mentatih anak merupakan hal yang paling mudah dilakukan. Bantu anak mencapai mainan atau barang yang ingin ia dekati dengan cara mentatihnya. Pegang kedua tangan anak dan bantu mereka melakukan gerakan maju dan mundur. Dengan mentatih anak, kita juga bisa dengan sigap menolongnya apabila ia kehilangan keseimbangan. Apabila Si Kecil suka bermain bola, bisa ajak mereka main sepak bola dengan dititah, loh! Gerakan maju mengejar bola dan menendangnya bisa jadi hal yang menarik untuk dilakukan anak. Lalu saat anak terjatuh, lebih baik biarkan mereka bangun sendiri, ya.

2. Belajar mendorong kursi

Jika Si Kecil mulai berdiri dengan seimbang dan ototnya lebih kuat, Mama Papa bisa melatih mereka berjalan dengan membiarkan  mendorong kursi yang ada di rumah. Pastikan kursinya tidak terlalu berat namun tidak terlalu ringan juga bagi Si Kecil. Agar ia bisa dengan mudah mengontrol gerakan kursi itu. Jangan lupa untuk tetap awasi Si Kecil saat asik mendrong kursi.

3. Sediakan tempat aman

Dukung anak mengeksplor kemampuannya dengan memberikan ruang yang aman dan nyaman baginya. Siapkan space khusus di dalam rumah di mana Si Kecil bebas bermain tanpa perlu khawatir terluka. Membiarkan anak bertelanjang kaki juga bagus untuk menstimulasi anak menjaga keseimbangannnya dan melatih otot mereka.

4. Beri respon kuat

Saat Si Kecil mulai menunjukkan perkembagannya, berilah reaksi positif ke pada mereka. Seperti halnya tepuk tangan dan menyemangatinya. Dengan begitu Si Keci jadi lebih terpacu dan semangat untuk bisa cepat berjalan.

5. Main dengan bayi yang bisa berjalan

Perbanyak bermain dengan teman sebayanya yang sudah bisa berjalan. Atur tanggal playdate bersama teman-temannya. Sebab anak pada dasarnya mencontoh apa yang mereka lihat. Saat melihat temannya yang bisa berjalan, Si Kecil akan lebih termotivasi pula untuk bisa cepat berjalan.

Jangan lupa Mama Papa, perkembangan setiap anak tentu berbeda-beda, ya. Kita perlu bersabar dan tidak perlu buru-buru menuntu Si Kecil untuk segera bisa berjalan. Stimulasi perkembangan motorik anak juga bisa dilakukan dengan mengikuti kelas-kelas khusus bayi. Mama Papa bisa dengan mudah menemukan banyak pilihan kelas motorik anak di Kiddo.id!

 

Seberapa suka dengan artikel ini?