Komunitas

Mengenal Lebih Dekat Komunitas Birth Club December 18

Oleh Yani Riafinola   |   

Sebuah supporting group yang terdiri dari para ibu yang memiliki anak kelahiran bulan Desember 2018. Bagaimana ya rasanya bergabung dalam suatu komunitas, dengan para anggota yang memiliki jadwal bulan melahirkan yang sama dengan kita? Yuk, simak kisahnya di bawah ini:

 

 

Birth Club December 18

Komunitas ini dibentuk dengan tujuan sederhana, yaitu menjadi “circle of moms” untuk berbagi kebahagiaan dan hambatan selama masa kehamilan, melahirkan hingga perawatan serta tumbuh kembang anak. Berjalan sejak November 2018, awalnya, Mams Middy (selaku ketua komunitas BC December 18) dengan Mams Savira, melalui berbagai jenis platform seperti group Whatsapp kelas ibu hamil, mengajak ibu-ibu dengan Hari Perkiraan Lahir (HPL) desember 2018, untuk berkumpul dan melakukan sharing dalam satu Whatsapp Group yang sama, yaitu Birth Club December 18. Alasan pertama mengapa Mams Middy dan Savira membuat komunitas BC December 18, yaitu karena mereka melihat bahwa seluruh bulan (selain desember 2018) sudah memiliki Birth Clubnya masing-masing. Kedua, mereka ingin saling berbagi dan support mengenai kehamilan dan kelahiran. Sebab, saat awal komunitas ini berjalan, mereka masih dalam keadaan mengandung.

Menjadi Anggota

Hal yang perlu dilakukan saat ingin bergabung dengan BC December 18, yaitu melalui Direct Message Instagram dengan menyantumkan nama ibu, tanggal lahir anak, domisili dan nomor Whatsapp. Nantinya para ibu yang sudah mendaftar akan mendapatkan balasan dari Admin, yang akan menjelaskan mengenai Birth Club dan syarat-syarat yang diperlukan untuk bergabung dalam komunitas. Namun, karena saat ini BC December 18 sudah memiliki 120 member, maka pendaftaran untuk member baru, sudah ditutup hingga waktu yang belum bisa diperkirakan.

Kegiatan

 

Berbagai kegiatan yang terdapat di BC December 18 yaitu, sharing dan diskusi mengenai berbagai keluhan atau kesulitan selama masa kehamilan, melahirkan dan saat merawat anak-anak. Selain itu, terdapat juga Kulwap (Kuliah WhatsApp), bersama narasumber yang kompeten di bidangnya, Playdate dan Gathering untuk setiap anggota komunitasnya. Berbagai hal yang sudah dilakukan oleh BC December 18 adalah Kulwap persiapan melahirkan, Kulwap Montessori for Baby (0-3mo), Kulwap A to Z MPASI, Playdate (Sensory Class) di Bandung, Tangerang Selatan, Bekasi, Playdate (Kelas Pijat Bayi) di Jakarta dan Bekerjasama dengan brand tertentu untuk mengadakan Give Away untuk umum.

Adapun rangkaian kegiatan yang akan di lakukan saat ini oleh BC December 18 yaitu, melakukan persiapan Birthday Bash di Bulan Januari 2020 nanti. Serangkaian acara yang akan dilakukan untuk menyambut Birthday bash tersebut ialah dengan mengadakan Challenge bertema “Husband Appreciation Post” dengan hashtag #PujiSuamiBCDec18Challenge sebagai awal dari Kulwap “Supporting Father Involvement” dan berbagai mini event lainnya.

Manfaat Bergabung dengan Komunitas

Menurut Mams Middy, bergabung dengan komunitas membuatnya memiliki banyak teman dengan berbagai latar belakang yang berbeda, sehingga bisa dijadikan wadah untuk saling berbagi keluh kesah (dengan respon yang baik dan tanpa judgement), berbagi kebahagiaan dan tempat mengembangkan diri. Selain itu, dengan event-event yang diadakan oleh komunitas, membuatnya selalu belajar dan terus memperkaya pengalamannya.

Harapan

Harapan adanya Komunitas BC December 18 yaitu, senantiasa menjadi support group bagi para membernya. Tidak hanya mengenai anak, tetapi hal-hal lain seperti masalah keluarga, pekerjaan, dll. Selain itu, Bisa membuat acara atau aktivitas yang tidak hanya membantu membernya, tetapi juga untuk sesama ibu di luar member BC December 18, seperti Kulwap yang saat ini sedang dilakukan.

Jika, Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai BC December 18, silahkan cek akun instagram @bcdec2018 dan gallery foto kegiatan mereka, ya!

Seberapa suka dengan artikel ini?