Parenting

Mama, Lakukan Hal Ini Saat Si Kecil Menangis!

Oleh Yani Riafinola   |   

Si Kecil yang menangis, membuat Mama khawatir? Lakukan ini.. Melihat anak yang menangis tentunya akan menimbulkan beragam reaksi dari orang tua. Ada yang merasa ikut bersedih, tidak tahu harus melakukan apa dan bahkan ikut terbawa emosi saat melihat anaknya menangis tersedu-sedu. Bagaimana ya, cara tepat yang harus dilakukan saat Mama Papa melihat Si Kecil menangis? Yuk, simak cara-cara di bawah ini!

1.) Jangan ikut terbawa emosi

Orang tua terkadang akan kesal, marah dan emosi saat melihat anaknya menangis. Hal ini tentunya bukan reaksi yang patut diberikan orang tua saat melihat Si Kecil menangis. Daripada kesal, Anda sebaiknya menenangkan mereka.

2.) Tidak apa jika ingin menangis

Dibandingkan dengan melarang mereka menangis, seperti mengeluarkan kalimat “Jangan Menangis”, orang tua  sebaiknya memberikan pengertian kepada mereka, bahwa sesekali menangis karena merasa sedih merupakan hal yang wajar. Terlebih, mereka belum begitu mahir mengontrol emosinya.

3.) Minta penjelasan

“Mama bisa mendengar kamu menangis, tapi Mama tidak tahu apa yang kamu butuhkan. Bisakah kamu menjelasanya supaya Mama mengerti?”. Terkadang, pengertian dan support yang diberikan oleh orang tua merupakan hal yang paling dibutuhkan oleh Si Kecil. Namun, sebaiknya Mama tidak mendesak mereka agar mau bercerita ya, tunggu hingga mereka merasa lebih tenang dan siap untuk menceritakannya.

4.) Cari solusi bersama

“Ayo kita cari solusinya bersama”. Kalimat ini terdengar sederhana, namun memiliki arti yang besar bagi Si Kecil yang sedang bersedih. Saat mereka bingung harus melakukan apa, Anda bisa membantunya dengan mencari solusi bersama-sama. Hal ini tentunya juga bisa menjadi pelajaran yang baik bagi Si Kecil, mengenai bagaimana cara yang tepat menghadapi permasalahan dan bagaimana melaluinya. Namun, mereka tidak akan merasa sendiri, karena ada Anda disampingnya.

5.) Hibur mereka

Saat merasa sedih, tentunya mereka membutuhkan hiburan untuk melupakan kesedihannya. Jadilah orang pertama yang mereka tuju, saat mereka berada di titik terendahnya. Anda bisa mengajak mereka bercerita, menonton film,  dan lainnya, sebagai upaya pengalihan dari rasa sedihnya.

 

Sekarang Mama Papa sudah tahu kan, harus melakukan apa saat Si Kecil menangis? Jangan lupa untuk menerapkan cara-cara di atas yaa!

Seberapa suka dengan artikel ini?