Parenting

Cara yang Bisa Dilakukan Agar Anak yang Pemalu, Mau Bersosialisasi

Oleh Yani Riafinola   |   

Bagaimana cara membuat Si Kecil yang pemalu agar dia mau bersosialisasi dengan teman-teman yang lain? Anak-anak terlahir dengan jenis kepribadian yang berbeda. Ada yang sejak kecil tidak merasa kesulitan saat harus bersosialisasi, namun ada juga yang mengalami kendala saat harus bertemu dengan orang lain. Hal ini wajar saja terjadi ya, Mam! Namun, sebagai orang tua tentunya Anda menginginkan Si Kecil untuk terlibat dan berperan aktif di lingkungan sosialnya kan? Nah Kiddo.id punya cara-cara yang tepat untuk diterapkan saat Si Kecil merasa kesulitan untuk bersosialisasi nih!

Dorong rasa percaya dirinya

Anak yang pemalu cenderung menyukai tempat yang jauh dari keramaian. Atau, saat sedang berada di keramaian, mereka hanya akan memperhatikan dan menghindar untuk terlibat dalam percakapan dan berbagai kegiatan yang mengharuskannya terlihat oleh banyak orang. Melihat hal ini, tentunya membuat Mama Papa menginginkan mereka agar berani terlibat dalam berbagai kegiatan yang sedang berlangsung, kan? Untuk itu, saat melihat perilaku menghindar mereka, penting bagi orang tua untuk tidak menyebutnya sebagai anak yang pemalu, karena hal ini hanya akan membuatnya semakin tidak percaya diri. Sebaliknya, Anda perlu mendorong dan memberinya kata-kata penyemangat untuk bergabung dengan teman-teman yang lain. Semakin Anda memberikan dukungan yang positif, maka hal ini akan memengaruhi rasa percaya dirinya loh, Mam!

Atur kegiatan di ruang terbuka

Ruangan yang terbuka tentunya membuat anak merasa lebih bebas. Mereka akan merasa nyaman dengan bantuan pemandangan disekitarnya. Cobalah untuk mengajak anak Anda bermain di tempat yang terbuka seperti di taman, pantai dan tempat terbuka yang ramai dikunjungi anak-anak. Karena saat berada di dalam ruangan, anak-anak mungkin akan merasa tertekan dengan suasana ruangan yang tertutup, namun saat Anda mengajaknya untuk bermain dengan teman-teman diruangan yang terbuka, Si Kecil akan lebih mudah dan bebas berekspresi.

Berikan contoh

Setiap anak cenderung menjadikan orang tuanya sebagai contoh. Maka, pastikan Mama Papa mengambil bagian terlebih dahulu sebelum meminta mereka untuk melakukan hal yang sama. Setiap tindakan yang Anda ambil akan diperhatikan oleh Si Kecil, loh! Maka pastikan Mama Papa melakukan tindakan yang tepat ya! Seperti saat Anda bertemu dengan orang baru, pastikan untuk mengenalkan diri terlebih dahulu, lalu mintalah Si Kecil untuk melakukan hal yang sama.

Beri dia pujian

Saat anak sudah mulai berani melibatkan diri dengan lingkungannya, maka berilah dia apresiasi karena telah lebih berani dari sebelumnya. Dengan pujian yang diberikan, tentunya mereka akan merasa bisa mengatasi rasa malunya dan kedepannya akan lebih berani untuk bersosialisasi tanpa harus mengandalkan orang tuanya.

 

Nah, sudah tau kan apa yang harus dilakukan Mama Papa saat melihat Si Kecil yang kesulitan untuk bersosialisasi? Jangan lupa untuk mengikuti cara-cara diatas ya!

Seberapa suka dengan artikel ini?