Parenting

Cara Paling Sederhana Ajarkan Nasionalisme pada Si Kecil

Momen Hari Kemerdekaan memang waktu yang tepat bagi orang tua untuk memperkenalkan rasa “cinta Indonesia” pada diri anak. Hampir setiap anak pasti disibukan dengan lomba Agustusan, upacara bendera di sekolah, dan pasang bendera merah putih di rumah. Hal tersebut akan menanamkan memori spesial tiap tanggal 17 Agustus. Namun, apakah cukup merayakan pesta cinta tanah air hanya di Bulan Agustus saja? Sebagai warga negara yang baik, tentu Mama Papa ingin Si Kecil menjadi sosok yang cinta tanah kelahirannya, kan?

Dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia, Kiddo.id punya tips sederhana yang bisa dilakukan Papa Mama untuk pupuk rasa nasionalisme pada diri Si Kecil sejak dini.

1.  Main permainan tradisional

Coba Mama Papa, berapa kali dalam seminggu Si Kecil keluar bermain bersama teman-temannya? Lalu, coba tanya mereka sebutkan permainan tradisional yang mereka tahu dan pernah mainkan. Berapa banyak, ya? Syukur sekali kalau mereka tahu, tapi apakah pernah atau sering memainkannya?

Selain bermain permainan tradisional bisa melestarikan budaya Indonesia, permainan ini juga bisa jadi salah satu trik agar anak tidak nempel terus dengan gadget. Mereka juga akan tumbuh percaya diri dan bangga karena masa kecilnya dilewatkan dengan bermain permainan khas negaranya.

2. Ceritakan dongeng khas Indonesia

Jaman sekarang, media belajar anak sudah sangat mudah didapat oleh orang tua. Seperti buku cerita anak, flash card, dan sebagainya. Isi kontennya pun beragam, baik itu yang berasal dari  lokal maupun impor. Namun, jangan lupa ya Mama Papa, anak-anak juga harus tau dongeng asal Indonesia. Cerita seperti Malin Kundang, Roro Jonggrang, Keong Emas, dan lainnya juga bisa jadi pilihan dongeng yang dibacakan sebelum tidur. Apalagi membacakan dongeng kepada anak bisa melatih imajinasi mereka.

3. Kenalkan lagu daerah

Mengenal berbagai lagu daerah memiliki banyak manfaat bagi Si Kecil. Tidak hanya sekedar melestarikan budaya Indonesia, tapi juga memperkenalkan keberagaman sejak dini. Mengetahui lagu daerah yang punya ragam bahasa, Si Kecil akan lebih mudah paham kalau Indonesia terdiri atas suku yang berbeda-beda.

4. Jalan-jalan ke museum

Katanya, tak kenal maka tak sayang. Begitu pula dengan negara kita, Mama Papa. Mengajak anak jalan-jalan ke museum dapat menambah wawasannya tentang sejarah Indonesia. Semakin mereka mengenal sejarah tempat kelahirannya, semakin bisa mereka menghormati para pejuang dan pastinya semakin menyayangi negaranya. Jalan-jalan ke museum juga bisa menjadi salah satu pilihan destinasi berpergian saat hari libur, loh!

5. Ajari untuk taat peraturan

Rasa cinta terhadap Indonesia bisa ditunjukkan dengan banyak cara. Berprestasi di olimpiade internasional membawa nama bangsa misalnya. Namun, apa sih hal kecil yang bisa kita lakukan tiap harinya? Ya, menaati peraturan adalah tanda bahwa kita peduli dengan negara kita. Pernah dengar “Children See, Chlidren Do”? Dengan mencontohkan sikap taat peraturan di depan anak, secara tidak langsung kita telah menanamkan rasa cinta Indonesia dan nasionalisme pada diri mereka.  Semoga Si Kecil bisa jadi anak yang memngharumkan nama Indonesia, ya…

Seberapa suka dengan artikel ini?