Komunitas

Mengenal Lebih Dekat Komunitas Birth Club August 17

Oleh Miranda Irvania   |   

Terbentuknya sebuah komunitas bagi siapa pun berlandaskan pada kesamaan yang dimiliki oleh para anggotanya. Pernah terpikirkah Mama Papa, kalau ada komunitas dengan kesamaan bulan dan tahun lahir Si Kecil? Iya, ternyata saat ini sedang marak tren komunitas yang beranggotakan orang tua dari anak yang lahir di bulan dan tahun yang sama, lho! Mungkin beberapa Mama Papa yang baca ini baru tahu, atau mungkin ada juga yang sudah bergabung.

Kali ini Kiddo.id mendapatkan kesempatan untuk berbincang-bincang dengan salah satu founder komunitas seperti yang sudah disebutkan di atas, yaitu Birthclub August 17, yang bisa disingkat BCAugust17. Komunitas ini berisi para orang tua dengan Si Kecil yang lahir di bulan Agustus 2017.  Mama Netta, selaku Founder, menceritakan kalau pada awalnya ia yang membuat komunitasnya sendiri. Dari awalnya hanya sendirian, lalu bertambah menjadi 30 anggota, hingga saat ini memiliki 77 anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. BCAugust17 berdiri tanggal 16 Agustus 2017, yang mana tahun ini akan merayakan ulang tahun keduanya. Pada awal dibentuknya BCAugust17, Mama Netta memiliki tujuan untuk mewadahi anak-anak yang lahir di bulan Agustus 2017 agar mereka bisa saling bercengkerama dengan teman-teman sebayanya. Dengan begitu, Si Kecil dari para anggota jadi sering bersosialisasi bahkan hingga mereka tumbuh besar.

Seiring dengan berkembangnya komunitas ini, semakin berkembang pula anggotanya, dan semakin banyak kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan untuk mengembangkan sesama anggota. Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan tumbuh kembang, minat, dan bakat dari anak-anak yang tergabung di dalam BCAugust17. Menurut Mama Netta, komunitas yang berawal dari tidak saling kenal ini akhirnya semakin dekat dan sering tatap muka. Aktivitas yang biasa dilakukan oleh para anggota adalah Kulwap (Kuliah WhatsApp), playdate, seminar, montessori play, donasi, dan lain-lain. Pertemuan tatap muka dengan para anggota biasanya minimal dilakukan setiap 2 bulan sekali, mereka mengajak Si Kecil untuk playdate yang tempatnya juga berpindah-pindah karena lokasi anggota yang tersebar di Indonesia. Kalau membicarakan bagaimana anggota komunitas ini bertambah banyak, Mama Netta bercerita bahwa para calon mengirim pesan melalui Instagram masing-masing ke Instagram BCAugust17 untuk bergabung. Syarat untuk bergabung menjadi anggota hanyalah memiliki anak yang lahir di bulan Agustus tahun 2017.

Setelah 2 tahun berjalan, para anggota merasakan banyak manfaat dari bergabung dengan komunitas BCAugust17. Melalui BCAugust17 mereka mendapatkan teman baru yang menjadi akrab hingga saat ini, mereka juga merasakan solidaritas dan kekompakan dari sesama anggotanya. Jika salah satu anggota sedang menghadapi masalah, mereka biasanya saling membantu dan mendukung satu sama lain untuk saling menguatkan. Tidak jarang juga mereka memberikan donasi untuk anggota yang memang sedang sakit atau kesulitan. Yang terpenting, para anggota belajar lebih dalam untuk memahami tumbuh kembang Si Kecil dan hal-hal terkait parenting. BCAugust2017 juga sangat penting kehadirannya bagi mereka karena dapat saling berbagi ilmu mengenai pola asuh anak yang sesuai dengan usia anak mereka.

Terakhir, harapan dari Mama Netta untuk komunitas BCAugust17 adalah komunitas ini bisa memiliki lebih banyak anggota dan hubungan antaranggotanya pun semakin erat. Bagi anak-anak yang tergabung di dalamnya pun harapannya dapat bersaudara hingga mereka besar nanti.

Untuk Mama Papa yang juga ingin bergabung dengan komunitas Birthclub August 17 bisa langsung kunjungi Instagramnya di dengan username @bcaugust17, ya!

Seberapa suka dengan artikel ini?