Resep

Bikin Es Krim dengan Si Kecil, Yuk!

Si Kecil mana, sih, yang tidak suka makan es krim? Kalau sudah makan es krim, pasti Mama Papa jadi was-was takut Si Kecil batuk atau pilek! Hal ini mungkin terjadi kalau es krim yang diberikan untuk anak terlalu manis. Mungkin juga terjadi kalau kita tidak mengetahui bahan-bahan apa saja yang digunakan. Agar Mama Papa tidak was-was lagi, Kiddo punya rekomendasi resep membuat es krim sendiri, lho! Mama Papa juga bisa ajak Si Kecil untuk ikut andil juga dalam pembuatan es krim agar sesuai dengan yang ia suka.

Bahan:

  1. Susu
  2. ½ gelas cream
  3. ¼ gelas gula
  4. ½ sendok the ekstrak vanilla
  5. 1 gelas garam baru
  6. Es batu
  7. Plastik ziplock

Cara Membuat:

  1. Siapkan wadah.
  2. Masukkan susu ke dalam wadah.
  3. Tambahkan ½ gelas cream.
  4. Tambahkan ekstrak vanilla.
  5. Tambahkan gula, lalu aduk hingga merata.
  6. Masukan campuran susu ke dalam plastik ziplock ukuran sedang.
  7. Siapkan plastik ziplock lainnya dengan ukuran yang lebih besar, lalu masukkan es batu ke dalam plastik.
  8. Tambahkan garam ke dalam plastik yang sudah berisi es batu. Jenis garam yang digunakan tidak harus garam batu, tetapi garam menjadi bahan yang penting yang berguna untuk menurunkan suhu dan mengeraskan campuran susu menjadi es krim.
  9. Setelahnya, masukkan plastik berisi campuran susu ke dalam plastik yang berisi garam dan es. Tambahkan es lagi ke atas plastic yang berisi susu. Lalu, tutup ziplock agar tidak ada es yang bisa keluar.
  10. Kocok plastik yang berisi es, garam, dan campuran susu selama 5 menit. Pastikan susu sudah mulai menggumpal dan mengeras. Apabila belum cukup menggumpal, Anda bisa mengocoknya lagi.
  11. Jika konsistensi es krim sudah sesuai dengan selera, keluarkan plastik berisi es krim dari dalam plastik berisi es dan garam.
  12. Es krim sudah siap disajikan, silakan pindahkan ke wadah lain dan berikan topping kesukaan Si Kecil.

Sekarang tidak perlu takut anak sakit kalau makan es krim ya, Mam. Dengan bahan dan cara membuat di atas, kini es krim yang dikonsumsi oleh Si Kecil sudah diketahui apa saja bahan-bahannya. Selain itu, rasa es krim juga dapat dikreasikan dengan yang ia sukai. Mama Papa juga bisa menjadikan buah dan sayur sebagai salah satu bahan dasarnya agar kebutuhannya dapat dipenuhi dengan makan es krim. Tidak hanya itu, es krim juga cocok untuk menjadi makanan pelengkap dari roti, pancake, atau waffle. Selamat mencoba!

 

 

Sumber: Jerry James Stone

Seberapa suka dengan artikel ini?