Aktivitas Anak

Mengenal Masalah Gigi pada Anak di Kiddofest 2019

Menjaga gigi dan mulut Si Kecil agar tetap sehat merupakan hal yang penting untuk menjadi perhatian para orang tua. Sebabnya, kesehatan mulut dan gigi ternyata dapat juga berpengaruh kepada kesehatan bagian tubuh lainnya. Masih banyak Mama Papa yang belum tahu bagaimana cara merawat gigi anak atau bagaimana tanda-tanda kalau gigi anak mulai bermasalah. Maka dari itu, Kiddofest 2019 berkolaborasi dengan DentiKids dan Parenthings_ID menyelenggarakan sebuah talkshow yang membahas hal tersebut dengan judul “Masalah Gigi Anak dan Penanganannya”, di Lippo Mall Kemang pada 30 Juni 2019 lalu.

Kesehatan gigi anak perlu dipahami sejak anak masih dalam usia dini. Menurut pernyataan kedua pembicara, drg. Siska dan drg. Nila, pemeriksaan gigi anak harus rutin dilakukan bahkan sejak gigi pertama Si Kecil tumbuh. Karena jika tidak, nantinya gigi tersebut tidak terawat dan berpotensi menimbulkan masalah lainnya yang tidak hanya di gigi dan mulut. Dari talkshow ini, para ahli yang memang berprofesi sebagai dokter gigi juga memberikan beberapa tips yang tentu harus diingat oleh semua orang tua. Pertama, Si Kecil harus dibiasakan diajak ke dokter gigi mulai dari pertama kali tumbuh gigi. Lalu, jangan pernah tanamkan rasa takut Si Kecil terhadap dokter gigi, karena rasa takut tersebut dapat membekas hingga mereka besar. Dampaknya pun bisa membuat Si Kecil tidak mau lagi memeriksakan gigi ke dokter. Selanjutnya, biasakan Si Kecil untuk tidak sering mengonsumsi susu formula, terlebih lagi jika Mama memiliki ASI yang berlimpah untuk diberikan kepada anak. Seberapa banyak pun kandungan yang dimiliki oleh susu formula, akan jauh lebih baik apabila mereka mengonsumsi ASI. Susu formula yang dikonsumsi anak memiliki kandungan gula yang tinggi, yang mana tidak baik jika jumlahnya yang besar terus menerus diberikan kepada anak. Dampaknya adalah gigi anak akan lebih mudah rusak karena diberikan terlalu banyak minuman manis. Selain itu, setiap setelah Si Kecil minum susu – ASI maupun susu formula – anak harus selalu dibersihkan mulutnya agar sisa susu tidak tertinggal di gigi maupun gusinya atau biasakan berkumur dengan air mineral. Apabila Si Kecil belum mulai tumbuh gigi, cukup bersihkan gusinya agar sisa susu juga tidak menempel.

Mulai sekarang Mama Papa harus sudah memberikan perhatian penuh untuk kesehatan gigi dan mulut Si Kecil, ya! Mama Papa juga dapat mengakses informasi lain terkait kesehatan Si Kecil di website Kiddo, lho. Jadi, tidak ada lagi alasan kekurangan informasi. Selamat membaca!

Seberapa suka dengan artikel ini?