Do It Yourself

Kenalkan Si Kecil dengan Dunia Sekitar Menggunakan Flashcard

Oleh Miranda Irvania   |   

Mengajarkan anak dengan sekitarnya kini dapat dilakukan dengan media yang menarik. Saat ini sedang marak penggunaan flashcard yang membuat Si Kecil bisa menghafal dengan mudah. Biasanya, metode belajar menggunakan flashcard digunakan di sekolah-sekolah untuk anak usia dini. Di luaran pun banyak yang menjual flashcard, tetapi banyak juga yang merasa bahwa tema di dalam flashcard tersebut kurang cocok dengan apa yang ingin diajarkan kepada Si Kecil. Maka dari itu, Kiddo memberikan tips untuk membuat flashcard sendiri di rumah agar sesuai dengan kebutuhan Si Kecil.

Bahan:

  1. Gambar yang sudah diprint dengan ukuran yang seragam (sesuai dengan tema flashcard yang ingin dibuat)
  2. Kertas buffalo berwarna
  3. Gunting
  4. Lem/double tape

Cara Membuat:

  1. Gunting area gambar yang sudah diprint. Gambar yang dipilih bisa disesuaikan dengan materi yang ingin diajarkan kepada Si Kecil.
  2. Gunting kertas buffalo menjadi persegi, ukuran dibuat sedikit lebih besar dari area bergambar.
  3. Berikan lem atau double tape pada bagian kertas bergambar yang telah digunting, lalu tempelkan pada bagian atas kertas buffalo yang juga sudah digunting.
  4. Flashcard siap digunakan. Banyaknya kartu yang dibuat dapat disesuaikan dengan tema flashcard.

 

Mudah untuk membuatnya bukan, Mam? Kini Mama Papa bisa membuat flashcard sendiri yang cocok untuk Si Kecil. Mau belajar apa pun menjadi lebih mudah!

 

Sumber: Flavia Oliveira

Seberapa suka dengan artikel ini?