Do It Yourself

Menyelamatkan Hewan di dalam Jelly

Oleh Miranda Irvania   |   

Jika diperhatikan, anak kecil mana yang tidak belajar untuk mengenal hewan? Tentu semua anak belajar hal tersebut. Mengenalkan anak pada hewan dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya menggunakan flash card, buku, video, dan lain sebagainya. Ada juga, lho, cara untuk mengenalkan anak dengan hewan melalui sensory play. Salah satu bahan yang biasa digunakan untuk sensory play adalah jelly atau agar-agar. Kali ini, Kiddo akan berbagi cara untuk membuat sensory play tersebut yang juga akan mengenalkan anak dengan binatang. Saatnya untuk mengajak si kecil belajar mengenal hewan dengan lebih menyenangkan dan edukatif! Lalu, bagaimana ya cara membuatnya?

 

Bahan:

  1. Jelly dengan berbagai warna
  2. Mainan hewan berbahan dasar plastik yang bisa dicuci
  3. Wadah untuk sensory play (ukuran disesuaikan dengan kebutuhan)

Cara membuat:

  1. Masukkan jelly ke dalam panci, tambahkan air, lalu panaskan di atas kompor selama 5 menit sambil diaduk.
  2. Pindahkan jelly yang sudah tercampur dengan air ke dalam wadah yang sudah disiapkan, lalu dinginkan (jangan sampai mengeras).
  3. Apabila sudah mendingin, masukkan mainan ke dalam jelly.
  4. Diamkan hingga jelly mengeras.
  5. Hewan di dalam jelly siap diselamatkan oleh si kecil!

 

Jadi, siap mempraktikkan untuk si kecil? Sensory play membantu memberikan stimulus untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan sang anak. Mereka belajar bahwa terdapat perbedaan tekstur pada banyak benda dan mereka dapat merasakannya secara langsung. Sehingga, mereka dapat mengeksplor berbagai macam tekstur seperti panas, dingin, kasar, lengket, halus, dan lain-lain. Sensory play cocok dimainkan oleh anak usia dini, yakni pada 0 – 6 tahun. Maka dari itu, yuk, ajak anak bermain sensory play di rumah!

 

 

Sumber: Living Well Mom

Seberapa suka dengan artikel ini?

Berikan Komentar